Minggu, 19 April 2015

Perjuangan Setelah Lulus SMA (3) : BPU USM STAN HILANG

Hufftt so sorry baru bisa posting setelah sekian lama, and for your information, this is my first post from Jakarta, just read all of “perjuangan setelah lulus SMA” and you’ll know what makes I’m standing right here wkwk :)

Melanjutkan cerita sebelumnya dan sebelum terlambat buat ngasih informasi kepada temen-temen yang mungkin mengalami cerita yang sama kayak aku, tapi semoga tidak yaa. Check this out!

BPU. Pasti buat yang udah pernah atau pengen daftar di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara udah pada tahu apa yang dimaksud BPU. BPU adalah Bukti Peserta Ujian, bukti ini bisa didapetin setelah melakukan verifikasi berkas dalam prosedur pendaftaran USM STAN. 

Semua peserta ujian harus memiliki BPU agar dapat mengikuti segala jenis tes yang ada. Terus apa yang harus kita lakuin kalo BPU kita HILANG?!?!


Sialnya hal itu terjadi sama aku, padahal fyi, aku selalu nyimpen segala jenis dokumen mulai dari kwitansi, formulir, sampek bukti-bukti penting dari mulai daftar PTS, SNMPTN, SBMPTN, STIS, UM, dll. Tapi sialnya BPUku hilang pas aku dinyatakan lolos tes tahap 1!! Aku, bahkan orang tuaku yang begitu antusias, ikut ngobrak abrik seluruh kamar buat nyari sepotong kertas yg gedenya seperempat HVS! Dan hasilnya? Nol.

Aku berusaha buat browsing solusi dari masalah ini, tapi sepertinya kasus ini termasuk kasus yang jarang, dan ada satu tulisan berupa tweet yang kira-kira berusia 4 tahun yang lalu yang diposting pihak panitia USM STAN tahun tersebut dalam menjawab pertanyaan seorang korban dengan kasus yang sama. Solusinya adalah
Membuat surat kehilangan dari polres setempat dan bawa semua berkas yang dibawa saat verifikasi ke panitia verifikasi untuk bisa mencetak ulang BPU.
Lalu aku, lebih tepatnya mamahku, mencoba menghubungi panitia pusat di Jakarta, dan dengan baik hatinya panitia USM pusat memberikan nomor telepon panitia tempat aku melakukan verifikasi (Semarang) yang bisa dihubungi. 

Setelah mamahku menghubungi pihak panitia pendaftaran di Semarang, dengan baik hati CS Kanwil DJP Jawa Tengah I memberikan sebuah nomor handphone dari pihak pelaksana USM STAN di Semarang. Kemudian mamahku segera menghubungi nomor tersebut dan membuat janji untuk aku bisa bertemu dengan pihak pelaksana USM STAN tersebut.

Di tanggal yang ditentukan, aku (diantar oleh beb Osa) pergi ke Kanwil DJP Jawa Tengah I untuk menemui pihak panitia dengan membawa surat-surat yang diperlukan. Setelah menjelaskan kejadiannya, pihak panitia mencoba untuk membuka aplikasi USM STAN (karena kata beliaunya, memang sistem pendaftarannya diatur dari pusat), tapi beliau berkata kalau aplikasinya sudah ditutup panitia pusat dan memintaku datang lagi di waktu-waktu mendekati tes tahap 2 dan aku diberi nomor handphone dari pihak USM yg lain. DEG!!

Mendekati tes tahap 2, aku datang lagi ke Kanwil DJP Jawa Tengah I, kali ini aku pergi sama mamah (entahlah, aku lebih yakin kalo sama mamah semua masalah bisa selesai wkwk) . Pihak panitia USM yang aku temui kali ini kayaknya fresh graduated gitu, daaaaann ganteng! Duh salah fokus ._. Pokoknya bla bla bla, dan kesimpulannya
Aku bisa mengikuti tes tahap berikutnya dengan memakai surat kehilangan dari kepolisian yang sudah aku buat! 
Hufttt legaaa! Alhamdulillah selalu ada jalan :)

Problem berikutnya, jadwal tes tahap 2 barengan sama ospek UGM! Matih!

17 komentar:

  1. Kak mintak gmail dong atai line ,, saya juga kehilangan bpo, dan baru ujian tafi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wulandari.ratna90@gmail.com yaa

      Hapus
    2. Menghubungi usm jakarta lewat mana kak?

      Hapus
  2. @rahul Bro nie ilang juga..?? Ane bagi kontak nte dong(line apa wa) add line ane faiz_imi

    BalasHapus
  3. Kak, pengalaman kakak dulu gimana pas dateng tes tahap 2? BPU A-nya disuruh diunjukkin gitu kak? Atau gimana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaap, tapi kalo BPUnya ilang yg ditunjukin surat kehilangan dari kepolisiannya :)

      Hapus
  4. Wah kok sama ya? aku juga kehilangan BPU setelah dinyatakan lulus tahap 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu solusinya gimanaa? aku juga hilang soalnyaa

      Hapus
    2. Bisa bikin surat kehilangan di kantor polisi dek

      Hapus
    3. Wkwk semoga sama2 ketrimanya yaa :)

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  5. kak nanya dong, kalo bpu hilang, terus udh diurus, ngaruh nggak sih kak sama kelulusan tahap selanjutnya?

    BalasHapus
  6. Kak aku juga ke hilangan BPU. Aku langsung ke polres atau hubungin panitianya dulu?

    Aku udah telepon tapi enggak dijawab kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman saya juga BPUnya hilang . Harus ke polres dahulu atau hubungi panitia .
      Kalo hubungi panitia koktaknya kakak ada enggak ?

      Hapus
    2. @Salmatus Saadah Kak, boleh minta emailnya gak??? Soalnya BPU aku hilang juga.. 😭

      Hapus

 

SembilanPuluhSembilanKomaSembilan Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template