Selasa, 02 Januari 2018

Kaleidoskop 2017

First post in this new year! Happy new year!

Jujur aja, aku anaknya bukan a good planner, sukanya yang dadakan-dadakan aja gitu, soalnya biasanya yang direncanain itu sering berakhir wacana wkwk eh tapi bener ini, serius. Bisa sih bikin rencana-rencana gitu, tapi palingan buat yang jangka pendek doang, misal nih seminggu lagi mau ujian, jadi bisa tu bikin planning mau belajar apa selama seminggu. Maka dari itu, aku paling gabisa kalo ada tugas suruh bikin life plan wkwk. Suka sih nulis-nulis, tapi anaknya ga visioner gitu jadi ya udah.

Jadi di postingan pertama di awal tahun ini, aku ga akan bikin resolusi-resolusi buat tahun 2018, tapi aku akan bikin kaleidoskop 2017. Pasti ada sih cita-cita di tahun 2018 ini, tapi ya cukup diusahakan dan didoakan aja gitu, sisanya biar mengalir seperti aliran sungai. Kalo bikin kaledioskop tahun kemaren kan jatuhnya seru, jadi bisa nostalgia setahun terakhir ngapain aja, belajar mensyukuri apa yang udah kita dapat dan belajar dari setiap kesalahan di tahun kemaren #eaaa. Okay here we are!



Januari 2017
Aku inget banget tahun baru 2017 masih bisa tahun baruan di rumah, walaupun hari berikutnya harus balik ke bintaro lagi buat kuliah. Terus hectic sama latihan buat tampil budaya nusantara, disusul dengan ujian akhir semester 5 di akhir bulannya. Dan ditutup dengan makrab kelas setelah UAS.

Februari 2017
Bulan ini aku lagi libur semester, jadi di rumah selama dua minggu pertamanya. Sebenernya ini bulan yang ga ingin aku bahas panjang lebarnya. Di bulan ini, akhirnya, setelah sekian lama, saya patah hati lagi. Dimana hati rasanya gamau kebuka lagi untuk laki-laki dan ga bisa percaya dengan kata-kata mereka. Entah sampai kapan.

Maret 2017
March is my month! Terharu banget liat foto-foto dan segala screenshoot ucapan di laptop (jujur aja aku bikin kaledioskop ini sambil liat foto-foto tahun kemaren, soalnya kadang suka lupa-lupa gitu). Feel blessed!

April 2017
Bulan ini aku ngerasa lagi deket-deket dan lagi seneng-senengnya (sebenernya dengan keyakinan yg masih 60%an lah) sama orang baru, eh tapi sebenernya ga baru, karena emang ga baru sih. Teman lama bersemi kembali wkwk. Those late night calls, that awkward video call wkwk.

Mei 2017
Mellow hari-hari terakhir kuliah bareng kelas yang paling dabest. Hectic nulis tugas akhir.

Juni 2017
Buber-buber di awal bulan ramadhan. Hectic maket-maketin barang termasuk motor ke rumah! Dan semuanya aku lakukan sendirian! Masih inget banget gimana capeknya (sampek sempet nangis sih dulu) Ngumpulin KTTA buat dinilai. Pulkam! Buber bareng temen-temen SD, SMA. And guess who I met accidentally! Tingkat keyakinanku meningkat jadi 80%an deh kayanya, setelah sekian lama akhirnya have the type of conversations where they have to end only because of sleep :)  Lebaran juga jatuh di bulan ini. (update: tapi kalo sekarang ku baca lagi chatnya pasti bakalan nangis bombay sih, whyy whyyy, gimana bisa seseorang berubah 180 derajat dengan secepat itu dan semendadak itu)

Juli 2017
Bulan ini, aku dan temen-temen STAN lainnya menjalani PKL. Dan aku dapet kantor PKL di KPP Pratama Semarang Timur, letaknya di tengah Kota Semarang, dan selama PKL aku kos di deket RS Roemani. Selama 40 hari di Semarang aku sering main sih, banyak temen-temen yang ngajak main juga. Tapi ada satu “main” yang sungguh ga akan pernah aku lupa selamanya: main di tengah bulan Juli! Atas tindakannya dan kata-katanya saat itu, aku merasa hatiku siap untuk terbuka. (update: sungguh inilah awal aku akan menjatuhkan diri ke lubang yang sama, lubang yang aku kira ga akan pernah lagi ada wkwk)

Agustus 2017
Kelar PKL, aku harus balik ke bintaro lagi buat final touch tugas akhir dan tes TKD. Aku ngekos di kos baru, jadi pindahin barang-barang (yg ga dipaketin ke rumah) dari kos lama ke kos baru. Dan kerjaanku di bintaro cuma belajar TKD doang sampek mabok! Tapi tetep ada jalan-jalannya laa. Tapi semuanya terbayar sih, score TKD 409 dan tugas akhir selesai tepat waktu. Terima kasih kepada semua yang sudah menenangkan, menyemangati, serta mendoakan! Love you!

September 2017
16 September aku yudisium, pada akhirnya setelah tiga tahun, aku dinyatakan lulus dari kampus yang sungguh banyak mengajarkan berbagai nilai kehidupan! Dan pas pengumuman instansi aku ditempatkan di BPK RI bareng 35 anak STAN lainnya! Alhamdulillah! Seneng banget bisa bikin bangga ortu dan bisa ngewujudin keinginan mereka :)) Sempet ngecamp di pantai di Gunung Kidul juga sama keluarga

update:
seberapa penting ucapan selamat dari orang yang kamu sayang (dan seharusnya juga sayang kamu)? tapi selama apapun aku nunggu, selama itu juga ucapan itu ga kunjung datang wkwk

(yang selanjutnya menyusul yaa, mengantuk sekali, dan besok harus kerja :( )

UPDATE
12/03/2018 11:52, di kantor, pake komputer kantor, pake wifi kantor wkwk
(kalian harus tau, tadi aku udah ngetik dari 9:51, trs ke back dan ga ke save, gila ga tu! ngetik ulang saya!)

Emang sesuatu yang belum beres itu bikin kepikiran dan ngeganjel kita buat ngelakuin sesuatu yg lain, jadi marilah kita lanjutkan dan bereskan kaleidoskop ini!

Oktober 2017
Bulan ini diawali dengan acara wisudaanku, alhamdulillah akhirnya bisa foto pake topi toga wkwk. Acara wisuda yang penuh drama, pake acara telat dateng terus harus lari-larian telanjang kaki dari air macur sampek meja registrasi, terus kegerahan, terus kampus yang penuh sesak sama orang kyk pengungsian, sumpek banget sih parah. Lagian ya udah bener-bener wisuda di sentul aja pake dipindahin di kampus segala huft.
Dan kali ini orang itu ga ngucapin apa-apa lagi, aku curiga, jangan-jangan dia emang punya keyakinan kalo gaboleh ngucapin-ngucapin begituan, soalnya kami tetep chat dan telepon, tapi dia ga pernah bahas yudisium atau wisuda, yang kami bahas ada tentang mamahku dan ibunya yang ga pernah ketemu tapi punya ikatan pembicaraan yang seru, tentang ibunya yang gapernah ketemu aku tapi sering ngomongin aku. wkwk seseru itu, tapi emang segajelas itu juga. Kalian tau lagu holy grail?

Oh baby, it's amazing I can in this maze with you,
I just can't crack your code,
One day you screaming you love me loud, the next day you so cold,
One day you here, one day you there,
One day you care, you so unfair~

Ya itu yang aku rasain waktu itu.

Oiya, pas kelar acara wisudaan, dini harinya, ada temen cowok tingkat 2, yang ga begitu deket atau kenal baik, yang selama setahun sekelas bisa diitung ngobrol berapa kali pake jari, tiba-tiba aja ngirim chat yang panjang banget ngelebihin teks proklamasi (yaiyalah teks proklamasi kan pendek doang), yang isinya adalah pernyataan perasaannya! Gimana bisa! Darimana datangnya perasaan itu coba! Sungguh tidak bisa dimengerti. Coba bayangin kalo kalian yg di posisi aku, mau gimana coba kamunya selain bertanya "apa-apan ini?" wkwk (disclaimer: kalo "kamu" baca ini, tolong gausah ge er apalagi dibahas-bahas pas ketemu aku)

Di akhir Oktober, aku sama 14 temen kelas tingkat 3 yang lain ngetrip ke Banyuwangi. 2 hari 1 malam di Surabaya yang  menyenangkan dan 3 hari 2 malam yg bombastis di Banyuwangi. Banyuwangi emang sebagus itu sih. Gara-gara trip ini, kami jadi makin deket dan akrab sebelum nantinya bakal susah ketemu gara-gara kami ditempatkan di instansi dan daerah yang beda-beda. Gara-gara trip ini juga akhirnya aku sadar bahwa aku udah salah nilai orang. Cuma karena sedikit sifatnya yg nyebelin, aku langsung aja bangun benteng ke dia, padahal kalo diinget-inget, dia selalu baik dan care sama aku. Puncak kebaikannya adalah pas naik Ijen kemaren. Naik gunung emang sesusah itu, sengos-ngosan itu, secapek itu, lalu di saat aku lelah dan akan menyerah gegara udah kunang-kunang, kedinginan dan mau mabok gitu rasanya, dia datang mengulurkan tangannya! Literally megangin aku dari naik ke puncak, turun ke kawah, naik lagi ke puncak, dan turun lagi ke lereng supaya jalanku tetep on track dan ga oleng wkwk! Dan itu adalah perjalanan pelik selama hampir 6 jam yang sangat mungkin membuat seorang wanita jatuh cinta kepada seorang pria. Tapi enggak lah, pas itu aku lagi menjaga perasaan seseorang and so does he, I think. Dan trip Banyuwangi ini disponsori oleh uang rapelan PKL wkwk alhamdulillah.

November 2017
Bulan ini adalah waktunya pengangguran friksional macam saya menikmati masa menganggur. Dan liburan semacem ini pas banget kalo dipake buat main sama temen-temen lama, selagi bisa kenapa engga. Dan alhamdulillah terlaksana, aku udah main kemana-mana dan sama banyak temen. Minggu ini main ke Semarang sama a, minggu berikutnya main sama b ke Solo, dst. Sempet ke Kediri juga buat takjizah mamahnya temenku. Bener-bener puas sih mainnya, puas ngabisin duit juga :(
Tapi ya yg membuatku bertanya-tanya, masak selama liburan yang sepanjang itu doi ga ngajakin main sama sekali. Jangankan main, chat sama telpon aja gapernah, ada deng telpon sekali, tanya beli e money dimana. Kata juru bicara keluarganya sih dia lagi sibuk sama kegiatan kuliah, tapi itu gamungkin sih, udah berapa tahun coba aku kenal dia? Aku tau pasti ini ada yg perlu diluruskan, tapi siapalah saya? apa hak saya? dan saya bisa apa?

Kalo sekarang sih udah tau lah jawabannya kenapa bisa gitu wkwk poor you Ratna :(


Desember 2017
*sambil ngeplay Back To December*
Bahwa roda kehidupan selalu berputar itu adalah benar adanya, selalu. Setelah bulan-bulan yang membahagiakan, akhirnya bulan tersedihku datang juga. Bulan ini aku dapet dua kejutan yang sungguh bombastis dan bisa mengguncang kejiwaan wkwk apasih.
Yang pertama adalah, di awal Desember ada pengumuman penempatan daerah, dan aku ditempatkan di BPK RI Perwakilan Papua di Jayapura. Bayangin aja sejauh apa itu! Beda zona waktu 2 jam coyy! Sebenernya udah dari lama sih tau kalo kami ber 35 yang di BPK bakal ditempatin di daerah mana aja, tapi ya tetep aja syok gitu. Tapi kalo sekarang mah udah lapang dada, akan selalu ada hikmah dari setiap ujian, dan ternyata hikmahnya emang bakal banyak, insyaAllah. Kalo mau kepo bisa japri aja yah :p
Dan yang kedua adalah tentang isu perselingkuhan. Sebenernya gabisa disebut perselingkuhan sih, mengingat aku bukan siapa-siapanya dia pfft. Mungkin kita bisa beri tag line "Dia menemukan wanita yang lebih baik (dengan mencampakan saya wkwk)". Dimulai dari story yg disembunyiin dari aku, storyku yang dihidden dari timeline dia, dan dibom dengan sebuah laporan berupa screenshoot bahwa dia sedang bersama seseorang yang dia panggil "sayang". Gimana bisa? Gimana ceritanya?! Tau ga gimana rasanya? Seakan-akan duniamu runtuh di bawah kakimu, kaget sekaget-kagetnya kaget, sampek gabisa nangis. Barulah di hari kedua aku bisa nangis sejadi-jadinya, tangisan yg sama seperti 4 tahun yang lalu. Lalu beberapa hari berikutnya, chat klarifikasi itu datang, tentang permintaan maaf, tentang alasannya, tentang bagaimana kedepannya.
Sesungguhnya aku pengen bales chat itu dengan melampiaskan kemarahanku, kesedihanku, kekecewaanku, tapi pada akhirnya yg keluar adalah bahwa aku memaafkannya dan aku mendoakan kebahagiannya bersama wanita pilihannya itu. Saat itu aku adalah orang yang teraniaya, doaku akan mujarab dan didengar olehNya. Insyaallah.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SembilanPuluhSembilanKomaSembilan Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template