Kamis, 20 September 2018

Menerawang Kode HTML / CSS

Jadi, beberapa hari ini aku sedang membenahi blog ini, biar lebih enak dilihat, lebih rapi, dan aku banget (hhm iyaa maksudnya alay). Mon maap juga karena sekarang aku ga aktifin tampilan mobile, jadi sabar-sabar aja kalo loadingnya agak lama di hp hehe, tapi lumayan lho kan tampilannya jadi lebih berwarna wkwk

Untuk membenahi blog ini, aku jadi berkutat lagi dengan kode html dan bahasa pemrograman yang terakhir kali aku geluti di awal-awal blog ini lahir yaitu tahun 2012. Yampun dah 6 tahun aja yeu :"). Fyi aja ya teman-teman, aku belajar bahasa pemrograman ini melalui learning by doing, males dan bakal susah paham juga ga sih sama bahasanya kalo harus baca bukunya? baca tutorial di web lain aja kyk udah setengah mati mahaminnya wkwk. Jadi sebelum aku jelasin cara ganti font blog dari hasil googling, aku bakal kasih sedikit tips buat ngakalin css/ kode html buat pemula macam aku.

Jadi beginilah kira-kira wujud dari css/ kode html


Jadi CSS (Cascading Style Sheet) merupakan kumpulan kode-kode yang bertujuan untuk menghias dan mengatur gaya tampilan/layout halaman web supaya lebih elegan dan menarik, sedangkan HTML (HyperText Markup Language) merupakan bahasa penanda yang digunakan untuk memberikan konten (teks) struktur dan makna semantik. Aku ga akan jelasin panjang lebar tentang ini, karena bahasa pemrograman punya ilmunya sendiri yang takutnya kalo aku jelasin malah salah. Ada kok teori dasarnya, coba aja googling deh, atau cek di sini. Karena yang mau aku tekanin di sini adalah cara instan buat pemula untuk paham bahasa pemrograman web wkwk.

So here are some tips for beginners in web programming stuffs!!
Jadi karena aku ga ngerti maksud dari kode-kode itu, aku selalu buka dua jendela buat edit html sama buat buka blog buat liat previewnya, jadi tiap kelar diedit langsung refresh blognya biar langsung keliatan gimana hasilnya, jadi kalo ga sesuai bisa langsung di ctrl+z. Oiya, edit htmlnya dikit-dikit aja yaa, pokoknya tiap ada part yang diubah langsung disimpen dan dilihat hasilnya.

Pake ctrl+F  buat ngegampangin kita cari sesuatu, misal kita mau ganti font di bagian tertentu aja, nah kita pasti gatau kan bagian itu bisa diedit dimana, nah kita bisa langsung cari "font" terus liat deh hasil pencarian yang kira-kira pas sama bagian yang mau kita edit.

Jangan lupa back up dulu temanya sebelum ngedit html/ css, biar kalo terjadi sesuatu yang fatal, kita tetep bisa balikin ke tema semula.

Waktu kita ngubah part tertentu kadangkala pas dipreview gaada yang berubah, jadi coba aja di bagian lain yang isinya mirip-mirip, karena emang gitu, misalnya tampilan header kita, kode html dan cssnya tu ga cuma di satu tempat aja, jadi coba-coba aja wkwk.

Pokoknya tiap ada perubahan yang pas, atau malah kode yg kita ubah ga ada efeknya langsung undo aja pake ctrl+z

Sebenernya kode yang jelimet itu bisa dibaca dan dipahami kok, misal suatu teks mau dibuat font ukuran berapa, mau dibikin bold atau italic.

Nah tampilan web biasanya kan berwarna (baik font, background, garis, atau apapun), nah kita juga bisa ubah warna di cssnya, kode warna biasanya dimulai dengan tagar (#), terus buat pastiin itu warna apa dan mau diganti jadi warna apa, biasanya aku pake color picker online, bisa dilihat di sini.

Nah, kayaknya itu dulu deh tipsnya, semoga ga terlalu menyesatkan yaa wkwk. Okay sekarang kita mulai tutorial untuk mengganti font blog. Here we are!!

UPDATE: Karena terlalu panjang, jadi tutorial ganti fontnya dipisah aja yaa! Di sini nih 


0 komentar:

Posting Komentar

 

SembilanPuluhSembilanKomaSembilan Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template