Senin, 27 Agustus 2018

Travel diaries: Trip ke Kupang!

Menindaklanjuti spoiler pada tanggal 25 Mei 2018, berikut saya sampaikan keseluruhan ceritanya wkwk anjay kebanyakan input nota dinas jadi begini. Duh harusnya aku cerita trip ke Banyuwangi dulu yaa hmm yaudah pankapan ku cerita lagi sekalian juga cerita trip-trip lainnyaa haha (mulai menebar janji busyuk wqwq)

Jadi begini, alasan aku menulis postingan ini, sejujurnya, karena saat ini aku adalah pemagang  gabut, sebenernya ga gabut juga sih soalnya ada project aktualisasi habituasi juga di Semarang setelah 7 minggu diklat di Yogyakarta. Wkwk kayaknya nice banget ya kerjaannya jalan-jalan. Anggaplah begitu, tapi emang iya sih hahaha. Tapi ya ngga jalan-jalan terus, kalo ada kesempatan aja. Ya kayak "trip" ke Sumba ini nih, kan sebenernya tujuannya bukan buat ngetrip, palingan ya kalo ditotal, dari 40 hari di Sumba, jalan-jalan ke tempat wisatanya cuma 4 hari lah, sisanya on duty. Baiklah sebelum kemana-mana, mari kita mulai ceritanyaa!

Jadi awal 14 April 2018 kemarin aku ada tugas ke Sumba Barat Daya selama 40 Hari, tapi sebelum ke Sumba aku harus ke Kupang dulu buat ngurusin beberapa hal. Berangkat dari Jakarta ke Kupang pake pesawat yang paling pagi. Karena lagi on duty, jadi aku berkesempatan buat pake maskapai Garuda haha mumpung ga bayar sendiri, dan untuk pertama kalinya ku masuk ke terminal 3 ultimatenya soetta dan sebagus itu weey wkwk udik banget ya aku, gapapa sekarang udik dulu biar entar-entar udah play it cool B)

Em, biar ga kepanjangan, kali ini aku cerita tentang pengalaman di Kupang dulu aja kali ya, pengalaman di Sumbanya next post ;)

duh bukan spot bagusnya sih ini, tapi cuma ada ini doang di galeri wkwk

Keren banget ga sih, seorang cewe (berhijab) ke Sumba 40 hari cuma bawa koper segini dan satu ransel doang :')
Lama perjalanan CGK-KOE itu 2,5 jam kalo ga salah, boarding pukul 04.00 WIB sampai Kupang (Bandara El Tari) pukul 08.30 WITA. Oiya, sebelum landing, pemandangan dari atas super keren cuy, lautnya super toska bagus banget! Ditambah pulau-pulaunya yang masih ijo dan seger banget diliat mata .

Bandara El Tari Kupang (KOE)
Sampai Kupang emang kerasa "anget"nya, Kupang emang daerah gersang, tapi kata temen-temen di Kupang, aku beruntung dateng ke Kupang pas ga musim kemarau, jadi masih ada ijo-ijonya, katanya kalo kemarau saking panasnya sekolah-sekolah bisa sampai diliburin lho. Sebagai ibu kota provinsi, Kupang udah maju dan punya 3 mall besar (tetep ya nomor 1 mall dulu wkwk). Mayoritas penduduk aslinya berkulit hitam, ini yang ngebuat aku kadang ngerasa asing pas main di sana.
Pas sebelum berangkat ke Sumba aku cuma main-main ke mall doang karna emang di Kupang cuma 2 hari, tapi pas pulang dari Sumba aku stay di Kupang seminggu. Lumayan lah jadi ada yang bisa diceritain. Tapi karena kesempatan jalan-jalan yang minim, lokasi wisata alam yang jauh dari kota, ditambah pas aku pulang dari Sumba itu bertepatan dengan bulan Ramadhan, jadi selain ke mall buat makan dan nonton, inilah destinasi wisata yang aku kunjungi wkwk. Thanks to mas fahmi yang udah jadi tour guide dan antar jemput selama di Kupang!

1. Tebing Bar & Cafe
Jadi ini tempat nongkrong gitu, ya kyk cafe-cafe pada umumnya, tapi posisinya dia di atas tebing karang gitu, dimana dari situ kita bisa liat laut, pelabuhan, juga pulau-pulau tetangga juga bonus sunset kalo dateng sore-sore. Tempatnya syahdu banget, dengan angin laut yang berembus, suara burung-burung dan alunan musik jazz dalam suasana senja yang memerah ditambah remang lampu-lampu kafe, omaigat cocok buat pacaran! Haha. Terus di sana gayanya vintage-vintage gitu, properti kayu dan hiasan bunga segar ada dimana-mana. Ih kewreen pokoknyaaahh!!

2. Kampung Solor
Jadi ini surganya pecinta sea food. Jadi dia kayak kedai-kedai yang di gelar di jalanan gitu, dan adanya cuma malem hari, jual berbagai olahan sea food yang dimasak by order! Enak dan murah, seger-seger ikannya, cuminya, lobsternya! Harus dicobaaa!

3. Wisata Gua Monyet
Sejujurnya cuma lewat doang, jadi yang keliatan cuma monyet-monyetnya di sepanjang jalan, lokasinya di tepi laut gituu

4. Kantor Gubernur NTT
Jangan salah cuy! Kantor gubernurnya dibuat mirip sasando! wkwk liat sendiri deeh!

wkwk sorry ya fotonya cuma ada iniiii
5. Taman Nostalgia
Jadi ini kyk taman kota gitu, dan di sana banyak yang jual salome! Tau ga salome itu apa? baso cilok wkwkwk dan tujuanku ke sana apa lagi selain beli salome, yakali joging wkwk

Oiya dari bandara El Tari ke kota naik taksi bandara cuma butuh kocek 70ribu, makanan di sana juga ga begitu mahal sih, harga bahan pokoknya juga biasa aja kalo di mall. Pas aku ke sana baru-baru aja ada grab jadi lumayan membantu biar ga banyak ngerepotin.

Sekian dulu ceritanya ya gaes, babaay :*