Kamis, 06 September 2012

Ilana Tan


Hai temen-temen blogger yang lagi blog walking dan temen-temen yang udah nyempetin buat berkunjung ke blog ane. Hadehh, sok resmi banget yak? *Abaikan.

Nah di postingan ini, aku mau berbagi  dan sedikit sharing tentang author novel yang misterius banget—yang ngebuat aku mendadak ngefans ama dia gara-gara novel karangannya. Siapa dia? Yaps, Ilana Tan! Aku sih yakin banyak dari temen-temen yang udah tau ama dia. Secara novel-novel karangannya jadi best seller semua—yang uda dicetak ulang belasan kali. Keren banget kan? Nah yang bikin misterius, Ilana Tan ga pernah ngasi identitas atau biodata yang jelas tentang dirinya. Bahkan nama Ilana Tan mungkin juga hanya sekedar sebuah nama pena. Ilana Tan cuma nulis di halaman tentang pengarang—itupun cuma di novel pertama dan keduanya—kayak gini nih..

“Summer in Seoul adalah karya pertama Ilana Tan yang berbentuk novel, selain berbagai cerpen. Ia penggemar film, buku, dan bahasa asing. Kini Ilana menetap di Jakarta dan bekerja di bidang yang disukainya.” –Summer in Seoul.
“Autumn in Paris adalah novel kedua Ilana Tan. Novel pertamanya, Summer in Seoul juga diterbitkan Gramedia Pustaka Utama. Selain menulis, Ilana juga menikmati film, buku, dan bahasa asing. Kini ia menetap di Jakarta dan bekerja di bidang yang disukainya.” –Autumn in Paris.


Nanggung banget kan infonya? Bikin penasaran aja nih author, aku jadi bertanya-tanya Ilana Tan tuh cewek ato cowok ya?—kalo Ilana Tan cuma sekedar nama pena. Aku juga pernah baca artikel di blog tetangga—yang ga tau bener ato engga—Ilana Tan itu pernah ngomong yang intinya yang dishare cukup karya-karyanya, yang diidolakan cukup karya-karyanya, bukan dia. Yasudah, mungkin itu emang privasi kak Ilana, tapi gimanapun aku salut banget deh ama dia, walaupun novel-novelnya best seller semua, dia tetep ga nongol buat nunjukin jati dirinya, berarti dia ga sombong dan ga suka pamer, ya kan? Ya kan? Wah bener-bener patut di contoh J

Sampai saat ini Ilana sudah mengarang 5 judul novel—yang pastinya best seller semua—yang semuanya diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Novel pertama sampai ke-4 merupakan suatu tetralogi yang diberinama “Tetralogi 4 Musim”. Dalam Tetralogi 4 Musim ini memiliki setting waktu 4 jenis musim yang berbeda dan bertempat di kota-kota besar di luar negri. Nah, uniknya keempat novel ini saling memiliki keterkaitan antara tokoh utama pada novel yang satu dengan novel yang lain, uniknya lagi setiap tokoh utama wanita di novel-novel tersebut memiliki darah Indonesia. Lalu novel karangan Ilana Tan yang ke-5 juga ga kalah kerennya dan lagi-lagi bersetting di luar negeri.

Nah buat temen-temen yang belum tau novel-novelnya Ilana Tan, check it out!
1. Summer in Seoul
Summer in Seoul
 2. Autumn in Paris
Autumn in Paris
 3. Winter in Tokyo

Winter in Tokyo
 4. Spring in London
Spring in London


  5. Sunshine Becomes You

Sunshine Becomes You
 Nah yang ini alur keterkaitan antara tokoh utama di tetralogi 4 musim...
Alur keterkaitan tokoh dalam tetralogi 4 musim

Semua cerita di novel-novel itu dijamin keren semua! Ilana Tan bener-bener pinter banget nyritainnya, ngebuat aku ngerasa bener-bener ada di tempat itu, bikin senyum-senyum sendiri, dan... bikin mata aku sembab, idung aku pilek, n ngabisin tisu! Haha. Ga nyesel deh kalo temen-temen baca novelnya. Kadang aku juga berharap banget bisa tau siapa dia, cewek ato cowok, orang yang kayak apa yang uda ngarang novel yang kueren-kueren ini. Haha, biarlah waktu yang menjawab...

Dan buat temen-temen yang mau tau lebih banyak tentang novel-novel Ilana Tan secara lebih jelas, aku bakal bikin reviewnya setelah postingan ini. Tunggu yaa ^o^

2 komentar:

  1. haha iya bener banget,semoga aja di novel terbarunya nanti ada identitas dia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyadeh aamiin, tapi dikasi liat apa engga identitasnya tetep ditunggu deh novel terbarunya O:)

      Hapus

 

SembilanPuluhSembilanKomaSembilan Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template