Rabu, 26 September 2012

Yang Harus Dilakukan dan Dihindari Pasca Putus Cinta

Hei! apa kabar hari ini? lagi ngapain? uda makan belum? uda sampe rumah? selamat tidur, aku sayang kamu. hah. Pasti bakal kangen banget ama kalimat-kalimat itu, secara aku baru aja putus dari hubungan yang baru seumur jagung--6 bulan 22 hari--kemaren. Sedih? pastilah, tapi mau gimana lagi. Tolong jangan tanya kenapa putusnya! emangnya semua hubungan harus berakhir gara-gara suatu masalah kayak perselingkuhan, penghianatan, kekerasan atau apapun! Pacar--maksudku mantanku itu orang baik-baik as long as I know, sabar banget ngadepin aku, yah tapi mungkin kami emang belum jodoh :')

      

oke, di postingan ini aku bakal ngeshare tentang "yang harus dilakukan dan tidak dilakukan pasca putus cinta", berbagi pengalaman aja. Oke here's it! semoga bermanfaat dan membantu. jangan galau terus yaa ;)

broken heart


       Hal-hal yang harus dilakukan :
  • Terima dengan ikhlas. Hal pertama yang harus kita lakukan saat pertama kali putus cinta adalah menerima dan menghargai keputusan untuk berpisah tersebut dengan ikhlas. Cara ini amat ampuh untuk melawan stress karena pastinya setiap keputusan itu sudah dipertimbangkan dengan matang dan merupakan hal yang terbaik. Awalnya memang terasa sakit namun waktu akan menyembuhkan luka hati.
  • Jangan menyalahkan diri sendiri. Ini hal terbesar yang harus kita waspadai, kita tak boleh menyalahkan diri sendiri. Jangan sampai kita menjadi stress dan menyesal karena kita terlalu menyalahkan diri sendiri akibat berpisah dengan kekasih.
  • Jaga Jarak. Gimana mau move on dan hidup tenang jika setelah putus cinta kita nggak jaga jarak dengan sang mantan? silaturahmi itu memang penting walaupun dia sudah tak lagi menjadi kekasih, tetapi jangan sampai rutinitas pertemuan masih seperti biasa seperti saat pacaran, ini akan membuat stress dan pastinya susah move on.
  • Banyak Bergaul. Sedih dan ingin menyendiri boleh-boleh saja tetapi jangan sampai menarik diri dari pergaulan ya. Justru kita harus lebih sering-sering jalan atau hang out bareng keluarga atau teman lho. Coba lupakan kesedihan dan rasa stress itu dengan asyik menikmati waktu bersama teman-teman. Siapa tahu malahan kita mendapatkan gebetan baru di masa-masa itu.
  • Selalu Bersyukur. Nikmati saja keadaan yang terjadi dan banyak bersyukur. Jika putus cinta saja membuat kita stress bagaimana dengan orang-orang diluar sana yang menderita karena kelaparan, bencana atau perang atau mereka yang kehilangan orang tercintanya. Banyaklah bersyukur atas apa yang kita miliki dan yakin bahwa rencana Tuhan untuk kita pasti lebih indah.
  • Nikmati Masa Jomblo. Siapa bilang jadi jomblo itu nggak asyik dan nggak bisa dinikmati justru kita jadi punya banyak waktu luang lho. Jika yang tadinya kita nggak punya waktu untuk menekuni hobi naik gunung atau sekedar memanjakan diri salon, nah di masa seperti ini justru kesempatan itu terbuka lebar.

    Hal-hal yang harus dihindari :
  •  
  • Menghubungi mantan. Berat sih, apalagi selama ini kita terbiasa menghubungi dia kapan pun. Tapi usaha menciptakan jarak ini adalah langkah pertama yang harus kita lakukan supaya situasi lebih stabil dan kita bisa punya banyak waktu buat self-healing.
  • Curhat di social media. Bukan berarti nggak boleh berbagi, tapi curhat lah dengan orang yang tepat, seperti sobat kita. Saat kita sedih, nggak perlu seluruh dunia tahu, kan? Apalagi kalau sampai, menjelekkan mantan. Duh, bisa memicu perang nantinya!
  • Membuka memori saat pacaran. Tutup dulu yuk, kotak memori yang kita punya sama pacar. Kumpulkan tiket nonton, foto berdua, dan seluruh hadiah darinya, lalu letakkan di tempat yang aman dari jangkauan mata kita. Dan, biarkan mereka di tempatnya itu sampai beberapa waktu.
  • Membuang semua barang pemberian mantan. Sebaliknya, ada beberapa orang yang justru pengin menghapus segala kenangan bersama mantan. Hm, padahal, cara ini nggak terlalu ampuh lho, untuk menghapus kesedihan di hati. Daripada menyesal di kemudian hari, coba cek lagi barang-barang itu, siapa tahu ada yang masih berguna buat kita. Hehehe…
  • Segera cari gebetan baru. Sabar, ya… Nggak perlu gegabah dan buru-buru pengin dapat pacar. Tunggu sampai lukanya sembuh dan kita benar-benar siap membuka hati. Kasihan kan si pacar baru, kalau sampai dia tahu, di hati kita sebenarnya masih ada mantan?

src : http://www.gadis.co.id/gaul/cinta.melulu/pantang.dilakukan.saat.baru.putus/001/005/211
http://lapar.com/tips-ampuh-atasi-stress-setelah-putus-cinta/ 

2 komentar:

 

SembilanPuluhSembilanKomaSembilan Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template