Jumat, 14 Desember 2018

Tawon Madu (bagian 1)


Postingan ini mungkin memiliki konten yang akan kalian anggap “bucin”. Entah definisi bucin yang seperti apa yang kalian anggep benar. I don’t care. People say what they want. And it’s okay, it’s not for you tho.

….untuk mengabadikan memori dalam tulisan bersama seseorang yang ku panggil tawon madu.
(menurut versi aku, karena versi yg ditulis doi dalam tumblrnya lebay sekali wkwk)

Sebenernya doi adalah temen sekelasku waktu kuliah tingkat II di PKN STAN. Kami ga begitu deket dan jarang banget ngobrol baik secara langsung atau lewat chat, karena sekalinya ngomong, doi suka nyebelin dan bikin males, aku pasti auto pasang jarak aman dengan orang-orang kyk gitu. Baru-baru ini doi jelasin kalo semua itu doi lakuin biar bisa deket sama aku wkwk salah jalan bung!

Waktu naik tingkat, kami beda kelas, dan seingetku ga terjadi komunikasi sama sekali kecuali aku broadcast tentang danusan buat proyek kspk dan doi chat tentang pinjem kartu uno (ini doi yg bilang, karena aku juga lupa).

Setahun berlalu, kami dinyatakan lulus dari PKN STAN. Pas selesai yudisium aku inget ketemu doi dan kami ngobrol bentar banget karena aku lagi nyariin temenku yang lain. Dini hari setelah wisuda. Tiba-tiba. Sekonyong-konyong, tanpa tedeng aling-aling. Doi chat yang puanjang bener. First impression, aku kira doi broadcast tentang buket wisuda atau sejenisnya. Tapi bukan. Kira-kira isinya seperti ini:
Assalamualaikum. Maaf tiba2 ngechat dan panjang karena sayang kalo ga diungkapkan. Jujur pas sekelas ada rasa karena lalala, terus karena dah taken dan doi juga dah punya cewe, jadi sedih dikit tapi tetep suka keseharian di kelas. Terus bilang dulu sempet bingung cari cara buat bisa lebih deket sama aku, dan ternyata kelakuannya yang suka ngompor-ngomporin adalah salah satu cara doi. Terus karena doi sadar kalo malah bikin aku ga nyaman jadi doi jaga jarak dulu dan minta maaf. Terus doi bilang habis kepoin blog dan nemu postingan yang pas banget buat doi yang baru putus, dan katanya gara-gara blog aku juga, dia juga jadi suka nulis buat melampiaskan kegalauan, dan dari blog juga katanya doi tau kalo aku dah putus dan ada peluang. Terus dia bilang kalo ngepoin instagramku dan suka semua kontennya. Terus minta maaf. Terus nyelametin udah masuk instansi yang aku inginkan.

 Respon pertama aku tentang chat itu saat itu kira-kira seperti ini:
“Bujubuset!! Apa-apaan nih!! Suka dari mananya! Pas sekelas aja berantem mulu! Chat aja gapernah! Yang ada malahan aku sering liat doi ngapelin ceweknya (skrg mantan ye) yang ngekos di samping pecel lele tempat biasa aku beli makan! Ih gabisa gabisa!”

Tapi respon yang aku sampaikan untuk bales chatnya tentu sangat lemah lembut, yang intinya kaget, ga nyangka, makasih, maaf dan bilang lagi ga pengen menjalin hubungan dengan lelaki. Dan doi bales panjang yang terakhirnya bilang "kabarin yaa kalo prinsipmu itu udah mau dilepas lagi."

Karena habis wisuda, jadi waktu itu aku lagi nginep di Gambir sama keluarga sebelum pulang ke rumah. Dan karena aku orangnya terbuka banget tentang yang gini-gini sama keluarga. Jadi saat itu juga aku cerita dan selamat! Namamu terselip dalam daftar orang-orangku yang dikenal keluarga dan membuat penasaran!

Beberapa hari kemudian ada paket datang, ternyata kado wisuda dari doi yang dibersamai dengan surat sepanjang 2 halaman hvs wkwkkw. Kira-kira isinya kurang lebih sama seperti chatnya.

Sejujurnya aku udah konsultasi kepada beberapa teman tentang ini, statusku saat itu memang jomblo, tapi sesungguhnya ada complicated relationship di belakangnya. Aku sedang HTSan dengan seseorang yang saat itu aku kira “my only hope” dan sedang menjaga perasaan mantanku yang sepertinya belum bisa melepas kepergianku.

Setelah wisuda aku ada libur yang cukup panjang, dan sepanjang-panjangnya liburanku. Partner HTSanku (bukan doi yaaaaa) ga ada ngehubungin aku, apalagi ngajak main seperti dulu. Okay aku mencoba positive thinking: mungkin hatinya sudah diisi yang lain, eh sibuk.

Di tengah libur panjang itu tiba-tiba doi bilang kalo lagi main di jogja sama temen-temen kuliah, beres di Jogja rencananya mau main ke Solo (tempat sodaranya) dan sekalian pengen ngajak aku main. Aku mencoba melontarkan seribu satu alasan kalo aku gabisa, tapi mamahku nyuruh bilang iya plus minta anter pulang habis main. Di sini aku mencium gelagat terselubung mamah, pasti mamah kepo banget sama doi. Baiklah, akhirnya aku bilang ke doi kalo gajadi pergi dan bisa main. Sepertinya dia senang. Tapi aku yang gaenak, mikirin complicated relationshipku.wqwq.

Oiya, doi tinggalnya di Jakarta Barat. Ini berarti doi sangat minim pengetahuannya tentang Solo dan (apalagi) Purwodadi.

Di hari H doi jemput aku di terminal tirtonadi. Sebenernya doi mau jemput ke rumah, tapi yakali aku tega ngebiarin doi bolak-balik. Di sepanjang perjalanan ku memikirkan ekspresi apa yang bakal aku pasang pas ketemu doi dalam kodisi seperti itu. Dan pas ketemu yaudah sih biasa aja, tapi ya jadi agak awkward gitu di aku karena doi udah ngungkapin perasaannya,sedangkan doi cengengesan.

Pada akhirnya kami ke paragon, nongki, sambil nunggu jadwal film. Flatliners pilihanku, dan doi merelakan untuk ngga nonton film pilihannya. Right choice!wkwk. Sepanjang hari itu ada aja topik yang dia bahas, sementara aku cuma menimpali dengan antusias tanpa memulai topik baru, bahkan seringkali asyik sendiri dengan HP. Ya begitulah aku, si extro yg sulit menemukan topik pembicaraan (dan setelah pertemuan yang ke sekian aku baru ngerti kenapa topiknya ada aja yang dibahas wkakaka). Beres nonton, doi sempet-sempetnya beli roti dulu mana satu box gitu, aku cuma ngebatin ini orang kelaperan apa gimana. Beres itu kami sholat ashar dan karena langit mulai mendung kami buru-buru pulang. Di pertengahan jalan pulang kami mampir makan dulu di tempat makan yang biasa keluargaku kunjungi. Dan doi ga ngerti apa itu sup bunga matahari sama galantin dongggg wkwk.

Oiya aku belum bilang, doi main sama aku pake motor sodaranya. Sebelumnya dia jelasin kalo sebenernya ditawarin pake mobil sodaranya, tapi gaenak. Ngapain dijelasin juga, emangnya aku matre apa gimana, Im a RIDER too! Wqwq. Nah pas udah deket rumah, tiba-tiba ujan doong! Untung doi bawa 2 jas hujan, walau akhirnya basah juga sampek rumah. Oiya, di tumblrnya doi bilang kalo pas kami berenti bentar di jalan buat pake masker, aku menatap matanya dengan tatapan yang penuh arti. Wkwk padahal mah enggaa :p

Sampek rumah, ketemulah doi sama keluarga, dan ternyata roti yang dibeli sama doi itu buat orang rumah wkwk. Pinter banget doi ngambil hati orang rumah. Aku kasih dia handuk kering buat ngeringin badannya yang basah. Beres itu dia sholat maghrib di masjid sebelah sama bapakku wkwk gile gile. Kelar dari masjid aku bawain dia teh anget yang dibuatin mamah sambil bilang,”ini yang buatin mamah ya, bukan aku.” Maksudku sih buat kasih tau doang dan biar ga GR, ternyata doi hard feeling sampek sekarang wkwk. Habis itu kami makan masakan mamah, sholat isya, dan doi pulang. Bayangin aja doi baru pulang habis isya, dalam kondisi masih gerimis, ngelewatin jalan purwodadi-solo yang sepi dan lewat hutan-hutan. Sejujurnya aku khawatir, tapi aku yakin doi bisa melewatinya. Akhirnya aku cuma berpesan hati-hati, gausah ngebut, dan kabarin kalo udah sampek. Satu setengah jam kemudian akhirnya doi ngabarin kalo udah sampek. Terus aku liat dia update story “One fine day” wkwk. Ku lega, setidaknya dia memberi testimoni baik secara langsung juga lewat story itu bahwa hari ini berlalu dengan menyenangkan. Dan demikian aku yang juga mengatakan hal yang sama. Aku kira kata-kata seperti itu setelah suatu pertemuan itu penting. Bukannya ngilang gitu aja dan bikin bertanya-tanya jangan-jangan aku udah bikin kecewa.

Dari awal sampai akhir pertemuan itu, doi menunjukkan tabiat yang tanpa cela padahal aku justru bertingkah seenaknya. Dari pertemuan itu doi emang terlihat udah nyiapin semuanya, mulai dari milih lokasi di paragon, film yang aku suka, minuman yang aku suka, cara memperlakukan aku, topik-topik pembicaraan, rute perjalanan yang udah dia pelajari lewat google maps, termasuk jalan ke rumahku bahkan rumahku yang mana udah dia pelajarin lewat google street view. Dengan aku bertingkah seenaknya dan gaada jaim-jaimnya sebenernya bertujuan biar Ratna yang doi adepin adalah Ratna yang dalam kondisi terburuknya dan yang sejujur-jujurnya, ini juga buat kasih doi kesempatan buat berubah pikiran kalo ternyata aku ga seperti yang doi pikirkan. Dan ternyata he’s fine.

Di pertemuan itu jujur aku terkesan, sementara keluargaku sudah jatuh cinta duluan.

“Dan partner HTSku, saat ada laki-laki lain yang memperlakukanku sedemikian baiknya, kemana kamu? Masih nyaman dengan duniamu yang tanpa aku?”, batinku kala itu.

…to be continued.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SembilanPuluhSembilanKomaSembilan Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template