Rabu, 24 Oktober 2012

Spring in London by Ilana Tan


 

Hah, akhirnya selese juga baca nih novel. Cukup tau, endingnya cukup bikin geregetan, padahal novel ini adalah novel terakhir Ilana Tan dalam tetralogi empat musimnya. Dan buat memenuhi janjiku dipostingan sebelumnya, ini dia reviewku! Here’s it!

Spring in London by Ilana Tan

Judul : Spring in London
Pengarang : Ilana Tan
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : 2010
Tebal : 240 Halaman
ISBN : 978-979-22-5376-4
Harga : Rp. 42.000,00

My rating : ✿✿✿✿✿

Cerita ini bermula pada pembuatan video musik penyanyi Korea—Jung Tae Woo yang merupakan tokoh utama novel “Summer in Seoul”—yang mempertemukan Jo In-Ho—yang merupakan artis Korea yang terkenal dan lebih dikenal dengan nama Danny Jo—dengan Naomi Ishida—yang merupakan saudara kembar Keiko Ishida pada novel “Winter in Tokyo”. Selama pembuatan video musik itu Danny Jo selalu mencoba bersikap ramah, sopan, dan menyenangkan, tetapi tidak dengan Naomi yang selalu bersikap dingin, acuh, dan menjauhi Danny Jo seperti wabah penyakit.
Alis Danny terangkat dan ia tersenyum tipis. “ Kau tidak membenciku, tapi juga tidak suka padaku.” Ia menghela napas sejenak, lalu bertanya, “Apakah kau takut padaku?”
                Danny tidak pernah gentar untuk mencoba mendekati Naomi walaupun Naomi sama sekali bukan tipenya. Hingga suatu saat Danny berhasil membuat Naomi “mencoba” untuk berteman dengan Danny. Usaha Danny tak sia-sia, Naomi mulai luluh pada Danny dan hal tersebut sangat mendapat dukungan temen-teman satu flat Naomi, kecuali Miho—salah satu teman Naomi yang menyukai Danny.
              Danny kembali mengenang pertemuan pertamanya dengan Naomi. “Awalnya dia terlihat sangat dingin dan sulit didekati. Tapi kalau kau berhasil mendekatinya dan mengenalnya lebih baik, kau akan tahu bahwa dia sebenarnya orang yang menarik. Dan semakin kau mengenalnya, kau akan mendapati dirimu merasa gembira tiap kali kau berada di dekatnya.”
               “Dan, Danny,” kata Naomi lagi ketika Danny hendak menutup telepon, “aku juga senang mendengar suaramu.”
                Yah, mereka berdua akhirnya saling jatuh cinta, tapi tak satupun dari mereka yang mengutarakannya. Alasannya adalah “rahasia gelap” di masa lampau yang bisa saja menghacurkan mereka berdua bahkan orang-orang yang mereka sayangi.
                “Ada sesuatu yang ingin kukatakan padamu sejak dulu. Sampai sekaang aku belum mengatakannya karena… yah, karena berbagai alasan. Dan alasan utamanya adalah karena aaku takut. Kalau aku mengatakannya, reaksi apa yang akan kauberikan? Apakah kau akan menerima pengakuanku? Apakah kau akan percaya padaku? Apakah kau masih akan menatapku seperti ini? Tersenyum padaku seperti ini? Atau apakah justru kau akan menjauh dariku? Meninggalkanku? Tapi aku tahu aku harus mengataannya padamu. Aku tidak mungkin menyimpannya selamanya. Entah bagaimana reaksimu nanti setelah mendengarnya, aku hanya berharap satu hal padamu. Jangan pergi dariku. Tetaplah di sisiku.”

And for the continue story, read Spring in London… there are some secret and surprising part in this novel :)
---------------------------------------------------------------
Danny Jo / Jo In-Ho

Merupakan seorang aktor terkenal di Korea dan merupakan sahabat dari Jung Tae Woo—seperti yang sudah aku jelaskan sebelumnya—yang merupakan tokoh utama dalam novel Summer in Seoul. Danny—untuk pertamakalinya—bertemu dengan Naomi Ishida saat mereka berdua mendapat job sebagai model video music Jung Tae Woo. Sejak awal Danny memang bersikap ramah kepada Naomi, namun sikap Naomi yang dingin dan misterius justru membuatnya semakin tertarik untuk berteman dengan Naomi.
                Menurutku, Danny Jo adalah laki-laki yang ramah, sopan, humoris, perhatian, dewasa, penyayang, setia, dan dapat mengayomi orang-orang di sekitarnya. Yah, menurutku Ilana Tan memang selalu membuat tokoh utama laki-lakinya menjadi lelaki idaman wanita. Yah, sifat-sifat itu memang tergambar jelas pada novel ini, seperti saat Danny secara diam-diam mengikuti Naomi karena ia tidak mau di antar pulang walaupun malam sudah larut. Betapa setianya Danny selama 2 tahun menunggu Naomi  dan masih banyak bagian-bagian lain yang ga kaalah serunya.

Naomi Ishida

                Seperti yang sudah aku ceritakan sebelumnya, Naomi adalah seorang model—dan  merupakan saudara kembar Keiko pada novel Winter in Tokyo. Naomi memang orang yang dingin dan tidak mau berurusan banyak dengan laki-laki—yah laki-laki manapun. Alasannya adalah rahasia gelap di masa lalunya yang begitu menekan dan menyiksanya.
                Menurutku—dan mungkin pendapat teman-teman juga—Naomi adalah wanita yang baik, ramah, cerewet, tekun, dan menyenangkan, namun karena skandal masa lalunya Naomi terlihat lebih suka menutup diri dengan sikapnya yang dingin.
-------------------------------------------------------------
                Yah, novel terakhir dalam tetralogi empat musim milik Ilana Tan. Dari keempat novel yang aku baca, Ilana Tan hobi banget nulis kisah yang berhubungan dengan kejadian dan rahasia-rahasia di masa lalu, ya engga apa-apa sih, mungkin itu memang karakteristiknya Ilana Tan kali ya. Oke buat novel ini covernya soft banget diliatnya dan buat keseluruhan ceritanya emang—seperti biasanya—keren banget, walaupun endingnya ngegemesin dan bikin geregetan. Oh iya, di novel ini juga beberapa kali terjadi kesalahan penulisan, mungkin itu karena novel yang aku baca adalah novel cetakan pertama kali ya.  so I give ✿✿✿✿✿/ 5 flowers for this novel:D

0 komentar:

Posting Komentar

 

SembilanPuluhSembilanKomaSembilan Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template